fbpx
PrimaFit
Aneka Ragam Olahraga Yang Dapat Dilakukan di Rumah


Berolahraga sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan untuk semua orang, karena orang orang menginginkan badan yang tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh, maka dari itu kegiatan berolahraga menjadi salah satu kebutuhan yang bisa dikatakan sebagai kebutuhan utama untuk menjaga dan melatih tubuh kita dengan selalu bergerak agar tetap fit. 

Melakukan kegiatan olahraga secara rutin dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang karena dengan berolahraga anda bisa menghilangkan stress, mendapatkan mood yang baik untuk menjalani hari hari dengan semangat. Olahraga juga dapat memberikan efek positif untuk tubuh kita seperti menurunkan kolesterol, melatih jantung, dan masih banyak lagi. Proses penurunan berat badan juga menjadi salah satu efek positif yang tanpa disadari oleh anda akan mengalami penurunan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ideal.

Peneliti mengatakan bahwa setiap manusia harus berolahraga setidaknya satu minggu tiga kali atau maksimal lima kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil tubuh yang sehat, bisa dikatakan sekitar 150 menit perminggu yang artinya berolahraga 30 menit per hari saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan olahraga anda. Apabila dari awal anda adalah tipe orang yang jarang bergerak anda dapat memulai olahraga sederhana seperti berjalan santai untuk meningkatkan detak jantung anda.

Dengan berjalan santai apabila sudah mulai terbiasa anda boleh meningkatkan intensitas olahraga dengan tahap yang lebih tinggi lagi seperti berlari, yoga, atau bersepeda. Dengan begitu anda bisa mengenali tubuh anda sendiri dengan baik, anda mampu mengenali tubuh anda sendiri kalau sudah merasa lelah lebih baik untuk berhenti dan tidak terlalu memaksa, karena olahraga yang baik adalah olahraga yang menggunakan waktu yang singkat tetapi melakukan gerakan yang efektif untuk membentuk tubuh dan juga membakar kalori dengan baik.

Banyak olahraga untuk semua orang yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, seperti berlari, berjalan, yoga, atau push up semua kegiatan ini dapat dilakukan dirumah maupun di kantor atau di tempat umum yang tidak membutuhkan alat khusus untuk melakukan gerakan tersebut, di masa pandemi ini menjadikan olahraga yang membutuhkan lapangan atau olahraga yang berlangsung di luar rumah membuat orang enggan untuk berolahraga di luar, misalnya sepak bola, bulutangkis, basket, voli dan lainnya, di sisi lain olahraga tersebut dianggap tidak aman di masa pandemi ini karena berhubungan atau memiliki kontak langsung dengan orang lain, sehingga mempermudah pencemaran virus yang sedang berlangsung saat ini. Maka banyak orang beralih untuk olahraga dirumah agar tetap sehat dan tetap mendapatkan sensasi berolahraga sesungguhnya.

Kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah di masa pandemi ini, olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dapat dibagi menjadi dua kategori olahraga yaitu ringan dan berat, untuk olahraga ringan ada beberapa pilihan yaitu seperti berjalan di pagi atau sore hari, berlari, atau hanya melakukan gerakan pemanasan seperti mengayunkan tangan memutar ke depan dan ke belakang dengan gerakan olahraga sederhana dapat melatih sendi sendi dan tulang pundak anda.

Anda juga dapat melakukan gerakan plank, olahraga ini tidak membutuhkan alat apapun, plank hanya menggunakan tangan dan kaki dimana kita harus menahan, menyeimbangkan tubuh kita, dengan berolahraga seperti ini dan dilakukan secara rutin anda sudah mengisi hidup anda ke arah yang lebih positif.

Beberapa olahraga sederhana yang dapat anda ikuti di rumah dan tidak membutuhkan alat khusus ada beberapa seperti push up, plank, back up, squat, pull up, sit up dan semua olahraga ini adalah olahraga yang cukup efektif untuk melatih tubuh kita agar tetap sehat dan bugar.

Stay Safe and Fit !