fbpx
PrimaFit
Bagaimana Cara Memilih Treadmill Yang Cocok Untuk Anda?


Treadmill saat ini menjadi pilihan orang orang untuk tetap berolahraga di rumah di masa pandemi covid19. Mengapa Treadmill? Karena alat ini alat yang sederhana, dengan alat ini anda bisa berlari dan berjalan santai di atas mesin tersebut. Treadmill merupakan salah satu alat olahraga yang cocok untuk anda miliki di rumah di masa pandemi ini, karena tidak bersentuhan dan tidak terjadi kontak fisik dengan orang tidak dikenal.

Lalu, bagaimana cara mengetahui treadmill yang cocok untuk kebutuhan kita? Treadmill yang cocok untuk kita itu dapat dilihat dari beberapa faktor penggunaannya, anda menginginkan treadmill yang memiliki lebar dan panjang berapa atau treadmill yang hanya diperuntukan untuk berjalan saja. Disini akan dibahas lebih lanjut mengenai treadmill yang cocok untuk anda, dan jangan tergiur treadmill dengan harga yang murah, sehingga biaya yang anda keluarkan menjadi dua kali karena usia pakai yang pendek.

Treadmill yang beredar di dunia, termasuk di Indonesia memiliki banyak jenis tetapi apabila dikategorikan secara jenis dan peruntukannya ada 2 jenis yaitu anda menginginkan treadmill untuk Home Use atau Commercial Use, 2 kategori ini sangat menentukan dari harga, ukuran treadmill, fungsionalitas dan kenyamanan pada saat anda menggunakan alat ini.

Jadi beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli treadmill adalah sebagai berikut

  • Track / Panjang Treadmill
    Panjang Treadmill memiliki ukuran yang variatif untuk walking treadmill ada ukuran 140cm, 147cm sedangkan running treadmill memiliki ukuran 152 cm, untuk ukuran 152 cm disarankan untuk orang yang menginginkan berlari diatas treadmill.
  • Motor
    Di dalam treadmill terdapat sebuah motor yang digunakan untuk memutar belt pada treadmill tersebut dan menggunakan satuan Continuous Horsepower (CHP) hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan ketika treadmill digunakan. Apabila seseorang memiliki bobot tubuh di atas rata rata misalnya 100 kg dan menggunakan treadmill dengan CHP yang kecil maka mesin treadmill akan lebih pendek usianya untuk mengetahui gambaran sederhananya untuk Walking pilih treadmill yang memiliki daya 2.0 CHP,  Jogging 2.5 CHP dan Running 3.0 CHP.
  • Track Cushioning
    Hal ini berfungsi untuk melindungi dan menjaga cedera pada joint lutut pada saat kita berlari menggunakan treadmill, alat ini sangat penting untuk anda yang memilih atau membeli treadmill untuk orang tua
  • Ukuran Treadmill
    Untuk memastikan ukuran treadmill yang anda beli sesuai dengan ukuran luas dari ruangan anda, sehingga tidak mengganggu pada saat di ruangan.
  • Motor AC/DC
    Untuk penggunaan Home Use anda dapat menggunakan treadmill dengan DC sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan olahraga pribadi sehari hari, tetapi apabila penggunaan treadmill di Gym atau Mega Gym membutuhkan treadmill dengan arus AC agar tidak panas karena itu menggunakan arus bolak balik.
  • Batas maksimal berat badan
    Setiap treadmill dibatasi berapa beban yang bisa di jalankan oleh motor dari treadmill tersebut, sebagai contoh apabila bobot anda 130 kg dan anda menggunakan treadmill dengan batas bobot 90 kg, maka treadmill tersebut akan bekerja lebih berat dan memperpendek usia dari treadmill itu. Maka dari itu di sarankan untuk membeli treadmill minimal 25kg diatas tubuh anda.
  • Fitur Speed
    Speed untuk treadmill anda disarankan memilih treadmill yang mampu menjalankan kecepatan hingga 16 Km/h, apabila menginginkan treadmill yang lebih bagus dan lebih ke arah untuk persiapan diri ke kompetisi bisa menggunakan treadmill yang bisa meraih kecepatan hingga 19 Km/h.
  • Fitur Incline / Ketinggian disini merupakan fitur yang sangat penting untuk anda yang menginginkan pembakaran kalori yang sangat cepat dan efektif, fitur ini umumnya memiliki pengaturan incline 10% hingga 20%
  • Fitur Entertainment
    Sekarang ini treadmill memiliki banyak fitur fitur hiburan untuk menemani anda berlari   atau hanya sekedar berjalan menggunakan treadmill, pada umumnya fitur yang ditawarkan terdapat headphone jack, terdapat bluetooth, bahkan sekarang treadmill yang harganya di atas 80 juta rupiah terdapat sebuah layar multimedia yang di mana bisa menampilkan tampilan visual seperti kita berlari di hutan atau gunung, dan sudah bisa terhubung ke dalam internet untuk melakukan browsing dan dapat menggunakan spotify, netflix, youtube dan media lainnya.
  • Warranty
    Anda harus membeli treadmill dengan garansi, umumnya treadmill dengan spesifikasi yang rendah garansi selama 1-2 tahun dan garansi 5 tahun untuk treadmill yang memiliki spesifikasi yang tinggi, garansi pada treadmill meliputi suku cadang, motor dan frame
    Jadi memilih treadmill tidak sekedar hanya membeli dan langsung dipakai, tetapi anda harus mempertimbangkan treadmill apa yang cocok untuk anda agar latihan anda tetap maksimal dan tidak terjadi kerusakan yang berarti. Treadmill dengan harga murah belum tentu memiliki fitur pendukung seperti motor yang hanya support untuk walking treadmill sehingga anda tidak bisa melakukan gerakan berlari. Pilihlah treadmill sesuai dengan ukuran ruangan anda, apabila digunakan untuk private studio anda dapat memilih treadmill DC tetapi dengan 3.0 CHP atau lebih, agar umur dari pemakaian treadmill tetap panjang.

Konsultasikan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian treadmill agar tidak salah beli, dan mendapatkan treadmill yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Stay Safe and Fit Everyone !