fbpx
PrimaFit
Berolahraga Tetap Aman di Masa Pandemi Covid-19


Siapa yang tidak ingin sehat dan tubuh bugar? Pasti semua orang menginginkan tubuh yang sehat, menurut para ahli, olahraga adalah cara yang paling tepat untuk orang yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat. Olahraga kini bukan sebagai gaya hidup melainkan suatu kewajiban untuk setiap orang agar dapat mengurangi resiko sakit ringan bahkan mengurangi resiko terkena covid19, hal ini terjadi karena pada saat daya tahan tubuh kita berkurang maka virus mudah masuk kedalam tubuh kita dan mempermudah penyakit bahkan covid bisa menyerang kita.

Dengan menjaga imunitas tubuh kita seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi dan matang itu sudah mendukung asupan tubuh kita agar tubuh kita dengan cepat menyerap makanan dan tidak ada bakteri makanan yang terdapat di makanan mentah. Di masa pandemi Covid-19 ini banyak sekali orang orang yang berolahraga di rumah, apalagi semenjak pembatasan sosial berskala besar di adakan hampir di seluruh kota di Indonesia, orang orang banyak berolahraga menggunakan tubuhnya sendiri tanpa alat, atau ada juga yang berolahraga dengan menggunakan media youtube untuk meniru dan mengikuti gerakan yang ada di video tersebut.

Berolahraga dengan aman saat ini adalah dengan tidak melakukan kontak fisik dengan orang luar agar dapat memutus rantai penyebaran virus covid19. Gerakan gerakan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan gerakan yoga atau melakukan cardio seperti jumping jacks, goblet squat, berlari di tempat dengan begitu jantung dari tubuh kita akan terlatih dan meningkatkan kesehatan dari jantung itu sendiri. Olahraga dengan aman juga bisa dikatakan bahwa olahraga yang di lakukan di rumah harus low impact pada tubuh kita sendiri, tidak mencederai bagian tubuh manapun tetapi harus tetap mendapatkan efek yang baik untuk setiap organ tubuh yang dilatih.

Pada dasarnya tubuh harus dilatih untuk tetap bergerak agar tubuh tetap dilatih dan tetap sehat, pada saat tubuh kita banyak bergerak secara tidak langsung stamina dan pernafasan kita juga menjadi terlatih sehingga kita tidak mudah lelah apabila menjalankan aktifitas yang ringan. Apapun jenis dan gerakan olahraganya itu semua memiliki efek yang baik untuk tubuh kita sendiri.

Olahraga yang dilakukan di rumah saat ini agar bisa tetap aman dan terhindar dari virus yang sedang terjadi saat ini adalah, anda dapat membentuk Home Gym pribadi di rumah anda sendiri, kapanpun anda ingin berolahraga alat tersebut bisa digunakan. Beberapa contoh alat sederhana yang dapat anda beli atau temui adalah seperti matras, resistance bands, Dumbell dengan tiga alat di atas anda sudah bisa melakukan berbagai gerakan untuk melatih tangan dan kaki anda dengan maksimal.

Apabila terdapat budget lebih dan mau untuk membentuk home gym di rumah anda, alat olahraga yang dapat dipilih terdapat banyak jenis yaitu ada treadmill, Cross Trainer, Multi Gym, Abdominal Bench, Dumbbell. Alat olahraga ini sangat efektif untuk pembentukan otot anda atau hanya ingin sekedar melakukan cardio. Menggunakan Treadmill dan Crosstrainer anda bisa melatih jantung anda sedangkan multi gym bisa melatih Upper Body, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Dengan adanya olahraga yang telah di sebutkan di atas, anda sudah mengikuti sesuai dengan anjuran pemerintah yaitu tetap di rumah tetapi anda tetap dapat berolahraga normal dengan alat alat yang telah tersedia di rumah anda.

Stay Safe and Fit!