fbpx
PrimaFit
Heart Rate Untuk Olahraga Terbaik Yaitu di Zona Hijau


Berolahraga tentu saja memberikan manfaat yang baik dan dapat menyehatkan tubuh kita, tetapi dibalik kesehatan yang kita dapat kita juga harus melihat dan melakukan monitoring terhadap tubuh kita, hal ini dilakukan agar kita dapat memantau seperti detak jantung, waktu berolahraga kita, kalori yang dibakar pada saat olahraga, melihat kecepatan yang sedang kita tempuh dan masih banyak lagi kegunaan monitoring olahraga yang sedang kita jalankan.


  Memonitoring olahraga kini sudah sangat modern kita bisa menggunakan Sport Watch yang sudah memiliki beragam fitur untuk mendukung kegiatan olahraga kita, pada artikel ini akan fokus membahas ke zona heart rate yang dikhususkan agar kita dapat berolahraga tapi tidak menyebabkan hal hal yang tidak diinginkan.
Zona detak jantung atau heart rate terbagi menjadi 5 zona
– Zona 1 dimana adalah zona olahraga dengan intensitas terendah dan detak jantung berada pada angka 104-114 bpm, olahraga ini dilakukan untuk melakukan pemanasan atau relaksasi setelah melakukan olahraga (recovery) dan bisa dilakukan sekitar 20-40 menit.
– Zona 2 adalah zona olahraga yang masih dikategorikan olahraga dengan intensitas rendah, tetapi lebih tinggi sedikit dari zona 1 dengan angka heart rate 114-133 bpm dan dilakukan selama 40-80 menit, zona ini berfungsi untuk melatih dasar dari fitness dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.
– Zona 3 adalah zona olahraga yang bisa dikatakan zona terbaik untuk melatih olahraga kita dan juga jantung kita, dengan berolahraga di zona 3 selama 10-40 menit dapat meningkatkan fisik dan juga efisiensi dalam berolahraga, zona ini berada di angka 133-152 bpm dan sangat cocok untuk kita yang ingin mencapai goal olahraga kita sendiri.
– Zona 4 yang bisa dikatakan sebagai zona intensitas yang termasuk tinggi dengan angka 152-172 bpm, dan zona ini meningkatkan fisik kita dan melatih tubuh kita agar terbiasa melakukan olahraga dengan intensitas yang lumayan tinggi dan dilakukan sekitar 2-10 menit.
– Zona 5 yaitu zona merah yang di lakukan biasa kurang dari 5 menit dimana otot dan nafas kita akan terasa sangat berat, efek positif yang diberikan yaitu melatih pernafasan dan juga otot yang sedang dilatih.

Dari beberapa zona di atas yang dapat kita ketahui adalah bahwa olahraga apapun kita harus memonitor detak jantung pada tubuh kita masing masing, karena setiap orang memiliki batasan yang berbeda beda, terdapat perhitungan sederhana untuk mengetahui batas maksimal dari detak jantung tubuh kita dengan menggunakan angka 220 dikurangi umur anda sebagai contoh 220- 30 Tahun, dan batas maksimal detak jantung kita adalah 190 Bpm. Semua olahraga yang memacu jantung ada baiknya kita menggunakan alat untuk memonitor detak jantung kita.



Beberapa peneliti membuktikan bahwa apabila kita berolahraga dengan waktu yang cukup lama dan berada di zona merah atau zona 5, kerja jantung menjadi tidak baik begitu juga dengan kerja otot yang tidak efisien, setelah itu berolahraga terlalu sering di zona merah akan meningkatkan resiko gagal jantung juga, maka ada baiknya kita memonitor detak jantung kita secara berkala agar kita tetap dapat berolahraga dengan sehat dan tidak berlebihan.

Tetap sehat dan Fit dengan berolahraga secara teratur dan terkontrol!

Stay fit and safe fit fam!