fbpx
PrimaFit
Jogging Memberikan Banyak Manfaat


Berlari santai atau yang biasa kita kenal dengan jogging merupakan suatu olahraga yang bisa dilakukan dimanapun anda berada. Dengan melakukan jogging 30 menit dapat membakar 200-300 kalori. Jogging menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk membakar kalori dan juga meningkatkan kinerja jantung. 

Beberapa manfaat lain dari berolahraga jogging adalah 

  1. Membakar kalori dengan efektif
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Meredakan stres
  4. Menurunkan kolesterol dan kadar gula 
  5. Meningkatkan stamina 

Setelah membahas beberapa manfaat positif dari jogging, anda juga perlu mempersiapkan hal sederhana untuk memulai jogging agar tetap nyaman dan tidak mengalami cedera
1. Menggunakan sepatu yang memang dikhususkan untuk berolahraga

karena dengan menggunakan sepatu yang sesuai dengan peruntukannya akan meminimalisir anda mengalami cedera. Apabila sepatu tidak sesuai, koyak atau rusak maka sudah saatnya untuk mengganti sepatu baru.

2.Pakaian Olahraga yang mudah menyerap keringat seperti berbahan katun dan spandex pakaian olahraga bisa menggunakan celana pendek untuk pria atau menggunakan legging dan bra khusus olahraga untuk wanita, agar jogging tetap nyaman.

3. Menentukan lokasi dan waktu yang tepat untuk melakukan jogging, dengan menentukan lokasi jogging yang bebas dari kendaraan agar tetap aman, lalu menentukan waktu misal pagi hari atau sore hari dan memperhatikan kondisi cuaca sebelum berlari.

4. Mengkonsumsi makanan sebelum melakukan jogging, karena pada saat kita berlari kita membutuhkan asupan nutrisi seperti protein dan karbohidrat kompleks, dan jangan makan makanan yang berkalori tinggi atau atau mengandung lemak tinggi.

Untuk memaksimalkan dan untuk menghindari resiko cedera yang akan terjadi pada kaki kita alangkah baiknya kita melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga dengan tujuan untuk melemaskan atau warming up otot anda agar tidak tegang pada saat olahraga jogging dan tidak terjadi kram otot. Beberapa cara untuk melakukan pemanasan mendasar seperti mengayunkan kaki ke depan dan ke belakang secara bergantian dan teratur, lalu langkah yang kedua bisa mengangkat lutut setinggi pinggang dilakukan 10 kali di setiap kakinya.

Beberapa teknik jogging yang bisa diterapkan untuk pemula sebelum berlari atau jogging adalah melakukan kombinasi antara berlari dan berjalan, sebagai contoh bisa melakukan perbandingan 1 menit berlari dan 5 menit berjalan biasa, disini bertujuan untuk menjaga energi dan nafas kita agar terbiasa. Teknik bernafas pada saat anda jogging juga harus diperhatikan dengan cara tubuh condong kedepan dengan posisi kepala tetap sejajar, tidak mendongak atau menunduk serta pada saat berlari gunakan hidung dan mulut untuk menghembuskan nafas.

Setelah melakukan olahraga jogging tadi telah membahas pemanasan, sekarang akan dibahas yaitu adanya pendinginan yang biasa disebut dengan cool down, melakukan pendinginan dengan cara berjalan santai 5 sampai 10 menit sebelum menyudahi kegiatan olahraga, dengan begitu pernapasan mulai teratur dan tidak lupa mengkonsumsi air putih yang berkecukupan untuk menggantikan cairan yang hilang pada saat jogging.

Jogging ada sebaiknya dilakukan minimal satu minggu tiga kali, atau dalam 1 minggu 1.5 jam dengan intensitas jogging yang baik maka kebiasaan jogging akan memberikan efek yang baik bagi tubuh kita, apalagi di padukan dengan olahraga lain seperti berenang, mengangkat beban, atau HIT ( High Intensity Training ) maka akan melatih tubuh kita sendiri menjadi lebih baik. Walaupun jogging pada pertama kali akan menimbulkan sakit di bagian paha atau betis, pada saat sudah terbiasa sakit dan nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berolahraga dengan berlari maupun pada dasarnya dapat menjadi penghilang stress dan juga mengembalikan mood anda, karena dapat dilakukan dengan beberapa orang. Olahraga ini menjadi suatu wadah bagi anda untuk berolahraga tetapi tetap dapat bersosialisasi bersama teman pada saat berlari atau jogging santai pada saat pagi atau sore hari, dengan begitu hormon yang kita terima di tubuh adalah hormon positif sehingga kita akan mendapatkan mood yang baik untuk menjalani aktifitas kita satu hari penuh dan juga tubuh kita menjadi tidak mudah lelah apabila kita bisa berolahraga dengan rutin.

Jogging atau berjalan bisa menghindari penuaan dini? Salah satu olahraga yang bisa menjaga muka dan kulit kita mengalami penuaan dini adalah berlari, karena dengan berlari atau berjalan santai akan meningkatkan kadar darah dan oksigen yang dialirkan ke pembuluh darah kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih awet muda. Berolahraga ini melatih tulang tulang dan sendi kaki yang ada ditubuh kita karena kaki kita terutama di bagian dengkul dan kaki bawah bergerak mengikuti alur ke depan dan ke belakang.

Banyak orang orang menanyakan lebih baik jogging di sore atau di pagi hari? Sebenarnya keduanya sama sama baiknya untuk melatih tubuh kita menjadi lebih fit dan sehat, kalau ditanya lebih baik mungkin bisa dikatakan berjalan, atau berlari sebaiknya dilakukan di pagi hari karena pada saat pagi hari kita mendapatkan sinar matahari yang dimana mengandung Vitamin D untuk kesehatan kulit kita dan juga mendapatkan pemandangan yang lebih baik. Tetapi apabila dilakukan sore hari kita memiliki waktu yang lebih panjang untuk berolahraga dan juga bisa menghindari makan malam jadi bisa mengkonsumsi makanan pada sore hari.

Kedua pilihan berlari pagi atau sore hari memiliki manfaat yang sama sama baik untuk tubuh, hanya saja itu kembali kepada referensi masing masing atau memiliki waktu di pagi atau sore hari, berlari atau berjalan santai tetap memberikan efek dan kesehatan yang sama, yang terpenting adalah tetap berolahraga agar badan dan organ organ tubuh kita tetap dilatih, dan mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Stay Fit and Fresh!