fbpx
PrimaFit
Olahraga Untuk Lansia Agar Tetap Bugar Di Masa Pandemi Covid-19


Mengapa lansia perlu berolahraga? Lansia bahkan setiap orang butuh berolahraga karena di usia yang lebih rentan, lansia hidupnya akan lebih santai bahkan bisa tidak berolahraga, hal ini memperparah keadaan apabila tubuh tidak bergerak akan menyebabkan kematian yang disebabkan oleh jantung, maka olahraga harus tetap dilakukan untuk mengurangi resiko penyakit yang termakan oleh usia.

Olahraga untuk lansia sebaiknya di konsultasikan dahulu ke dokter untuk memastikan olahraga apa yang cocok dan tidak membuat salah satu bagian dari tubuh sakit. Pada dasarnya olahraga untuk lansia harus dimulai dari intensitas yang ringan, apabila sudah terlihat ada perkembangan maka intensitas bisa dinaikkan ke sedang atau tetap pada intensitas ringan saja, 

Pelatihan olahraga di masa pandemi sebagai cara terbaik untuk menghindari penurunan fungsi kinerja tubuh pada lansia dan juga meningkatkan daya tahan tubuh, semua kegiatan olahraga ini dilakukan dirumah dan bisa di bantu oleh keluarga atau orang yang tinggal di dalam satu rumah. Latihan ketahanan tubuh ini untuk melatih kekuatan pada tungkai bawah dan peningkatan kekuatan otot.

1. Olahraga yang melatih β€œ Lower Body Muscle β€œ

Olahraga ini sangat sederhana untuk dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti kursi, tongkat untuk berdiri dan duduk, lalu squat menggunakan kursi. Untuk latihan tanpa alat bantu bisa melakukan gerakan squat dengan menggunakan berat badan kita sendiri dan latihan lunge.

2. Gerakan yang berfungsi untuk melatih tungkai bawah

Gerakan ini bisa menggunakan alat bantu seperti kursi atau berpegangan menggunakan Β  tembok dengan menjinjitkan kaki ke atas dan ke bawah.

3.Gerakan yang melatih tungkai bawah dan juga pinggul

Olahraga yang dilakukan ini adalah untuk lansia yang ingin tetap berolahraga secara rutin untuk mengurangi resiko penurunan fungsi pada tubuhnya, olahraga ini bisa tetap terus dilakukan karena masa pandemi Covid19 yang masih belum pasti berakhir. Oleh karena itu kita harus memiliki strategi untuk membantu menghindarkan ketidakaktifan fisik pada lansia.
Stay Safe Everyone!