fbpx
PrimaFit
Treadmill Adalah Alat Olahraga Terbaik Untuk Membakar Kalori


Di masa pandemi ini berlari, berjalan, bersepeda, golf dan olahraga lain yang memungkinkan untuk meminimalisir dan menghindar dari keramaian. Dengan berolahraga secara individu atau tidak berkelompok, tentu lebih aman dan mengikuti standar protokol kesehatan yang ada di Indonesia. Beberapa olahraga yang di sebutkan di atas juga tidak membutuhkan alat khusus, maka banyak sekali orang diluar sana yang melakukan kegiatan olahraga ini.

.................................

Pada dasarnya olahraga sekarang ini menjadi kebutuhan penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, dan secara tidak langsung memang olahraga bertujuan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dan juga melatih otot otot yang ada di tubuh kita. Membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita bisa beragam cara, berjalan kaki selama 20 atau 30 menit saja sudah membakar kalori sekitar 100-300 kalori tergantung intensitas jalan dan jarak yang anda tempuh, lalu apapun kegiatan olahraganya dengan tujuan untuk bergerak secara berulang ulang dan dengan gerakan yang benar, dan berkeringat itu akan melatih tubuh kita agar tetap sehat dan terlatih.

Rutin berolahraga tentu akan memberikan dampak positif untuk tubuh kita, rutin disini bukan olahraga yang berlebihan tetapi cukup dan anda harus senang menjalaninya. Olahraga dengan hati gembira akan membuat anda memiliki mood yang baik untuk menjalani hari hari dengan semangat setelah berolahraga.

Olahraga didalam ruangan juga bisa menjadi pilihan berolahraga yang cukup baik di masa pandemi ini, seperti melakukan squat, jumping jack, cobra stretch dan masih banyak lagi. Beberapa peralatan sederhana untuk berlari dirumah juga bisa di dapatkan di online atau offline store dengan membeli treadmill, karena alat ini merupakan alat yang tidak memakan tempat dan juga alat ini memberikan sensasi berlari dan berjalan sama seperti di luar ruangan. Berlari atau berjalan menggunakan treadmill kita dapat mengatur kecepatan, ketinggian dan intensitas berlari kita.

Treadmill memang bisa menjadi pilihan olahraga terbaik saat ini untuk anda yang menginginkan tetap sehat dan bisa tetap berlari di dalam ruangan, kelihatannya alat ini adalah alat yang sederhana, tapi jangan disepelekan dengan pergerakan yang salah atau misalnya kurang pemanasan saja treadmill bisa mencederai anda, maka dari itu disini akan dibahas kiranya apa yang menjadi hambatan apabila kita menggunakan treadmill akan diulas disini. 

Pertama tama sebelum menggunakan treadmill kita harus menggunakan sepatu yang nyaman untuk mendukung kegiatan olahraga lari anda, dengan penggunaan sepatu yang benar membuat kita dapat berlari diatas treadmill dengan nyaman dan tidak membuat tapak kaki kita sakit. Lalu yang kedua adalah melakukan pemanasan dahulu sebelum melakukan gerakan lari atau sebelum melakukan intensitas yang tinggi, bergerak dengan berjalan perlahan lahan terlebih dahulu dengan intensitas ringan ke sedang dan melihat monitor detak jantung agar tidak berolahraga secara berlebihan.

Pemanasan dilakukan untuk menghindari adanya cedera lutut, dan gangguan tulang belakang, dan menghindari cedera pada bahu. Kenapa bahu? Karena pada saat kita berlari atau berjalan tubuh kita menerima hentakan dari bawah yang bisa mempengaruhi bahu dan tubuh bagian atas. Penggunaan treadmill juga tidak boleh berlebihan di setiap latihannya, ada baiknya kita berlari atau berjalan di atas treadmill maksimal 1,5 jam agar persendian di lutut kita tidak mengalami cedera.

Dari sekian banyaknya bahaya penggunaan treadmill maka ada beberapa perusahaan alat olahraga yang mengeluarkan teknologi absorpsi untuk meminimalisir sakit pada sendi di lutut pada saat penggunaan treadmill, biasanya teknologi ini hanya dimiliki oleh brand tertentu seperti Life Fitness. 

Berkat teknologi absorpsi ini maka alat olahraga ini tetap banyak digunakan di tempat gym, karena alat ini merupakan alat yang sederhana dan memberikan banyak efek positif terutama sangat efektif untuk pembakaran kalori, dan juga salah satu alat yang bisa digunakan untuk berlatih HIT ( High Intensity Training ), dengan melakukan 1 menit sprint atau berlari, dan 3 menit berjalan, hal ini sangat efektif untuk anda yang ingin tetap melatih jantung dan membakar kalori secara maksimal.

Beberapa kelebihan olahraga menggunakan treadmill adalah mencegah terjadinya osteoporosis karena berlatih dengan treadmill kepadatan tulang akan terus bertambah, dan yang tak kalah penting adalah menghindari penuaan dini dan juga mencegah penyakit alzheimer karena dengan berlari dan berlatih olahraga tubuh kita dan pikiran kita menjadi lebih konsentrasi dan fokus pada olahraga kita.

Adakah di lingkungan anda tetangga, keluarga atau teman yang mempunyai penyakit diabetes? Olahraga di atas treadmill merupakan olahraga yang cocok untuk pemilik penyakit diabetes dikarenakan dengan berolahraga menggunakan treadmill secara teratur akan mengurangi kadar gula yang ada di dalam tubuh kita, dan tidak hanya penyakit diabetes, melainkan dapat menurunkan resiko kolesterol.

Sederhananya penggunaan treadmill juga terdapat goal yang ingin dicapai, apabila kita menginginkan pembakaran lemak yang cepat kita bisa melakukan setting ketinggian pada treadmill yang juga berfungsi meningkatkan kekuatan otot kaki.

Dari foto di atas menunjukan bahwa pembakaran kalori akan semakin efektif apabila incline dari treadmill semakin tinggi, karena secara tidak langsung kondisi berjalan dengan incline 30-40% sama saja seperti kita berjalan di luar dengan kondisi menanjak, dan ini merupakan suatu kelebihan dari treadmill ini, kita bisa menyesuaikan apa yang kita inginkan.

Stay Safe and Healthy Fit Fam !