fbpx
PrimaFit
5-Kekayaan-Lidah-Buaya
5 Kekayaan Lidah Buaya


Tubuhnya hampir 99 persen dipenuhi air dan digunakan sebagai bahan terapi oleh manusia sejak 5 ribu tahun yang lalu. Diolah terlebih dahulu atau dipakai secara langsung, tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat sehingga menjadi satu-satunya “buaya” yang disukai masyarakat modern. Berikut ini lima manfaat lidah buaya yang sudah disadari oleh manusia sejak ribuan tahun lalu dan mungkin saja Anda belum menyadarinya.

Kaya vitamin, mineral, asam amino dan lemak
Sedikit tanaman yang memiliki kandungan layaknya lidah buaya. Bayangkan saja, tanaman hijau ini mempunyai banyak sekali materi berguna untuk tubuh. Sebut saja vitamin A, C, E, asam folat, kolin, B1, B2, B3, B6, mineral seperti kalsium, magnesium, sodium, asam amino yang menjadi pondasi dari protein, sampai asam lemak yang berguna meredakan alergi dan gangguan pencernaan.

Detoksifikasi
Lidah buaya termasuk tanaman yang juga bisa dimakan. Ketika sudah diproses dalam bentuk pangan, lidah buaya menyerupai agar-agar seperti rumput laut. Keuntungan utama dari mengonsumsi tumbuhan agar-agar adalah sifat kenyalnya membantu tubuh dalam menyerap racun dan membersihkan saluran usus.

Kebugaran kardiovaskular
Tidak banyak studi yang menjelaskan masalah ini, namun ada beberapa penelitian menyebutkan bahwa sari lidah buaya yang disuntikkan ke dalam darah dapat melipatgandakan pergerakan oksigen dan penyebaran sel darah merah. Semakin banyak oksigen dan sel darah merah untuk tubuh berarti semakin fit tubuh Anda.

Obat kulit luar
Tidak hanya dapat mempercepat proses penyembuhan atau pengeringan luka, Aloe barbadensis Milleer juga dapat mengobati kulit terbakar, psoriasis (bercak merah dan kulit bersisik), bahkan gigitan serangga. Buaya ini bekerja sebagai analgesik yang bisa meringankan rasa sakit akibat luka.

Anti-radang
Selain menjaga bagian luar tubuh tetap sehat-menyuburkan rambut, senyawa B-sitosterol di dalam lidah buaya yang dapat mencegah peradangan atau mengobati bengkak. Senyawa ini juga bersifat anti-kolesterol yang membuat Anda bisa tersenyum lebar melihat seporsi sate kambing muda.