PrimaFit
Hati yang Gembira adalah Obat
Hati yang Gembira adalah Obat Alami


Betapa mudahnya hidup dalam kesehatan prima karena kuncinya adalah tertawa bahagia! Benarkah semudah itu?

.................................

Orang yang bahagia cenderung hidup lebih lama dan memiliki kesehatan yang lebih daripada mereka tidak bahagia. Hal itu mengacu pada lebih dari 160 penelitian terhadap manusia dan binatang. Profesor psikologi Ed Diener, menyimpulkan bahwa perasaan positif terhadap hidup memberi kontribusi baik terhadap umur panjang dan kesehatan yang lebih baik.

Riset dari Jepang menunjukkan bahwa tertawa lepas meningkatkan fungsi endothelial yang menguntungkan. Para relawan riset yang menonton film komedi memiliki tanda endothelial positif sedangkan yang menonton film dokumenter menunjukkan penurunan kesehatan arteri. Sama halnya dengan mendengar musik berirama riang.

Lalu, sebuah riset yang berjudul “Effects of laughing and weeping on mood and heart rate variability” menunjukkan bahwa tertawa memiliki efek yang kuat tapi singkat pada sistem syaraf otonomik. Sebaliknya, merasa sedih memiliki efek biasa tapi berkelanjutan. Itu sebabnya, memiliki “hati yang berat” jelas memiliki efek kejiwaan yang terlihat jelas.

Hidup sehat dan bahagia memiliki jejak: pola makan sehat, olahraga teratur, bobot tubuh ideal, dan tidak merokok. Juga, perilaku menentukan pola pikir yang menentukan tindakan. Pada akhirnya, tindakan menentukan sehat tidaknya seseorang. Humor yang baik adalah obat mujarab. Jadi, menarilah seperti tidak ada yang melihat, bernyanyilah bak bintang rock, bersiulah sambil berjalan, dan tertawalah terbahak-bahak.