PrimaFit
Kebiasaan-untuk-Usia-Lebih-Panjang
Kebiasaan untuk Usia Lebih Panjang


Cara terbaik untuk melawan penuaan adalah menghindari penyakit kronis seperti serangan jantung, kanker dan diabetes, yang dapat mempercepat proses penuaan dan menjadi penyebab utama kematian prematur.

.................................

Daftar sederhana untuk hidup lebih lama
Cara terbaik untuk melawan penuaan adalah menghindari penyakit kronis seperti serangan jantung, kanker dan diabetes, yang dapat mempercepat proses penuaan dan menjadi penyebab utama kematian prematur. Walaupun penuaan terdiri dari berbagai masalah kompleks, Anda dapat melawannya dengan lima kebiasaan sederhana.

Warna-warni buah dan sayur
Keberagaman warna buah dan sayuran mewakili kandungan nutrisi dan antioksidan yang berbeda-beda. Anthocyanins misalnya, antioksidan ini bertanggung jawab terhadap warna gelap pada buah blueberry yang juga dapat mematikan perkembangan sel kanker. Sementara beta-karotin (vitamin A) yang membuat wortel berwarna oranye memiliki khasiat memaksimalkan daya tahan tubuh.

Jaringan omega-3 fatty acids
Dr. Ramin Farzaneh-Far, Kardiologis Rumah Sakit Umum San Francisco, dan koleganya membuat sebuah studi tentang efek dari EPA dan DHA terhadap penuaan kromosom. Mereka menemukan bahwa individu dengan kandungan EPA dan DHA yang tinggi dalam darah memiliki sedikit peluang terkena penyakit jantung dan minim penuaan kromosom. EPA dan DHA dapat ditemukan di ikan salmon, tuna, makarel dan sarden.

Bersihkan gigi setiap hari
Penelitian dari Journal of Periodontology melakukan komparasi antara orang yang melakukan aktivitas floss  beberapa hari sekali dengan orang yang rutin melakukan floss setiap hari. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa orang yang melakukan floss sesekali memiliki peluang 86% lebih tinggi terjangkit radang akibat bakteri masuk ke dalam darah ketimbang orang yang rutin melakukan floss.

Perbanyak teh hijau
Teh hijau mengandung  antioksidan bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Menurut studi American Journal of Clinical Nutrition, EGCG dikombinasikan dengan kafein dapat menghilangkan 1,3 kilogram lemak dalam kurun waktu 12 pekan dan merampingkan pinggang sebanyak satu inci. Maka dari itu mulailah meminum secangkir teh hijau di setiap jam makan.

Banyak bergerak
Jarang beraktivitas membuat massa otot Anda menurun. Kualitas dan kuantitas dari otot dapat dijaga hanya dengan tetap aktif bergerak. Keith Scott, instruktur sekaligus pemilik Impact Training & Fitness di New Jersey, selalu mendorong para kliennya untuk bergerak sederhana. “Jalan kaki di pagi hari merupakan cara paling baik meningkatkan pergerakan,” bilangnya. Tidak hanya itu, membersihkan rumah juga bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat, ada banyak gerakan seperti jongkok, berjalan, membungkuk dan mengangkat yang sangat baik untuk tubuh.