fbpx
PrimaFit
Kenali-Gejala-Pembengkakan-Hati
Kenali Gejala Pembengkakan Hati


Jangan anggap sepele urusan hati jika ingin tetap hidup. Salah satu masalah terbesar hati adalah mudah terluka. Maksud kami bukan terluka yang itu. Tapi pembengkakan hati yang merupakan gejala awal kerusakan organ hati dan gangguan fungsi hati. Hal ini disebabkan adanya penimbunan lemak (lipid) berlebih di dalam sel hati. Pembengkakan akan membuat hati tidak berfungsi yang berujung pada hal yang tidak Anda inginkan. Maka dari itu, kenali gejala-gejalanya sebelum terlambat.

Gampah lelah
Kelelahan adalah indikasi umum bagi seseorang yang menderita penyakit hati. Gejala ini seringkali dianggap remeh. Kebanyakan orang beranggapan gampang kalau rasa lelah terjadi karena kurang istirahat saja. Padahal kelelahan muncul karena sel hati mengalami kerusakan sehingga menghambat aliran darah, yang membuat kinerja otak terhambat dan tubuh tidak berfungsi normal.

Penyakit kuning
Anda bukan bunglon yang bisa gonta-ganti warna kulit. Apabila hal ini terjadi berarti ada yang salah dengan tubuh Anda. Penyakit kuning membuat kulit dan area putih dari mata menjadi kuning. Apa penyebabnya? Terlalu banyak bilirubin di hemoglobin (banyak diproduksi oleh hati). Ketika hemoglobin menyebar ke berbagai penjuru, tubuh akan membuat sel baru untuk menggantikannya, Jika hati tidak bisa mengatasi semua sel darah merah, maka efeknya adalah munculnya bilirubin di jaringan tubuh. Maka dari itu kulit Anda terlihat menguning.

Air seni berwarna
Berwarnanya air seni bisa akibat dari pengobatan atau makanan tertentu. Di beberapa kasus, perubahan warna air seni bisa disebabkan oleh masalah kesehatan, misalnya penyakit hati. Bagi penderita penyakit hati, warna air seni biasanya berwarna oranye atau cokelat.

Perubahan warna kuku
Penyakit hati bisa dikenali lewat warna kuku. Biasanya orang yang terkena penyakit hati  terlihat kuku pucat. Warna pucat mengindikasikan anemia, efek samping potensial dari pengobatan hati. Terdapat juga dua garis putih horizontal sepanjang kuku pertanda minimnya kadar protein albumin, komponen penting dari darah yang dibuat oleh hati.

Nyeri perut
Hepatitis (penyakit hati) kronis memiliki banyak penyebab. Salah satu gejala yang dimaksud adalah nyeri perut. Biasanya nyeri pada perut kerap mengambil tempat di bagian kanan atas diikuti dengan gangguan pencernaan. Sering mengalami rasa mual ingin muntah juga merupakan gejala. Hal ini diakibatkan oleh pembengkakan hati yang kemudian naik ke rongga perut bagian atas dan membuat penderita sulit untuk bernapas.