PrimaFit
Pare Si Pahit yang Bermanfaat
Pare: Si Pahit yang Bermanfaat Manis


Pare mungkin memiliki rasa pahit yang tak disukai banyak orang. Namun, di balik rasa yang tak begitu memikat hati, sayuran ini memiliki segudang manfaat kesehatan.

.................................

Berikut 4 di antaranya.

1. Pengobatan Diabetes Mellitus
Pare mengandung charntin (peptida yang menyerupai) dan alkaloid, dua komponen yang secara aktif membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah kadar insulin naik atau turun secara drastis. Karena pare mengandung unsur hipogligemik yang poten, hindari mengonsumsi obat-obatan penurun gula darah dalam waktu berdekatan.

2. Memurnikan Darah
Kandungan antimikroba dan antioksidan di dalam pare membantu membersihkan darah dan menyehatkan kulit. Jerawat, eksim, dan psioriasis dapat dihilangkan dengan makan pare.

3. Pereda Akibat Sakit Wasir
Penelitian membuktikan bahwa kandungan anti-radang dalam pare menjadi penenang bagi penderita wasir. Pasta pare yang dioles langsung dapat meredakan radang dan meringankan sakit dan perdarahan.

4. Pencegah Kanker
Antioksidan di dalam pare membantu mencari dan menghancurkan radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit (termasuk beragam jenis kanker). Hasil penelitian menyatakan terdapat korelasi positif antara mengonsumsi pare dan pencegahan atau pengurangan pertumbuhan tumor pada pasien penderita kanker serviks, prostat, dan payudara. Hal ini disebabkan oleh kemampuan pare untuk menginduksi apoptosis (matinya sel) dalam sel-sel kanker.