PrimaFit
6-Langkah-Membuat-Resolusi-Tahun-Baru-1
6 Langkah Membuat Resolusi Tahun Baru


Mumpung masih di awal tahun 2019, Anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk menyusun resolusi untuk tahun ini. Tujuan membuat resolusi pada dasarnya untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi.

.................................

Berikut simak 6 langkah tepat untuk membuat resolusi.

1. CARI MOMEN PENTING DI TAHUN LALU
Ingat-ingat sejenak peristiwa atau momen penting yang terjadi setahun belakangan ini. Alasannya, dengan mengetahui momen-momen penting itu, yang baik dan buruk, dapat membantu Anda menemukan hal-hal yang harus diperbaiki maupun ditingkatkan.

Ingat-ingat sejenak peristiwa atau momen penting yang terjadi setahun belakangan ini. Alasannya, dengan mengetahui momen-momen penting itu, yang baik dan buruk, dapat membantu Anda menemukan hal-hal yang harus diperbaiki maupun ditingkatkan.

Misalnya Anda sering diejek karena membuat berat tubuh yang kurang ideal. Tentu hal itu merupakan momen yang buruk. Namun dari situ, Anda dapat membuat resolusi sederhana, yaitu ingin turun berat badan sebanyak beberapa kilogram.

Sebaliknya, jika Anda sering dipuji karena memiliki berat badan yang ideal, resolusi Anda dapat berupa mempertahankan berat badan agar tetap ideal di tahun ini. Atau jika ingin lebih jauh, Anda ingin mulai membentuk tubuh Anda sedikit lebih berotot.


2. SERTAI HUKUMAN DAN HADIAH
Kita butuh pemicu yang positif dalam menjalankan resolusi kita. ‘Hukuman’ yang dimaksud di sini adalah sebagai bentuk disiplin jika Anda melanggar hal-hal yang telah Anda tuliskan. Misalnya, jika Anda melanggar, Anda akan memberi donasi kepada orang yang membutuhkan dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya.

Sedangkan ‘hadiah’ adalah kebalikannya. Pada saat Anda mencapai gol Anda, manjakan diri Anda, misalnya dengan berlibur ke sebuah tempat indah bersama seseorang yang Anda sayangi.


3. BERTANYA PADA DIRI SENDIRI
Sebelum menuliskan resolusi Anda, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu sebentar dan jujur kepada diri Anda sendiri. Kira-kira, menurut Anda, apa saja aspek kehidupan Anda yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan? Atau mungkin, Anda ada bagian dari hidup Anda yang perlu ditinggalkan agar kualitas hidup Anda dapat semakin membaik.


6-Langkah-Membuat-Resolusi-Tahun-Baru-2

4. CEK RESOLUSI SEBELUMNYA
Sebelum membuat resolusi baru, ada baiknya cek terlebih dahulu resolusi sebelumnya. Jika ada resolusi tahun lalu yang belum tercapai, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk melanjutkannya daripada membuat yang baru.


5. BUAT RESOLUSI YANG REALISTIS
Jangan terjebak membuat sebuah resolusi yang bombastis tetapi tidak realistis. Pastikan setiap resolusi yang Anda buat dapat Anda raih. Mungkin realistis dapat juga berupa sesuatu yang bersifat strategis dan sistematis. Jika Anda membuat resolusi yang terkesan “susah dicapai”, cobalah membuat langkah-langkah strategis dan sistematis untuk mencapai hal tersebut. Terkadang, hal-hal strategis dan sistematis dapat membuat hal yang terkesan rumit jadi terlihat lebih realistis.