PrimaFit
Bantu-Hilangkan-Depresi-dan-Kecemasan-dengan-Angkat-Berat-
Bantu Hilangkan Depresi dan Kecemasan dengan Angkat Berat


Selain lari, latihan beban memiliki efek positif yang sama untuk memperbaiki kesehatan mental.

.................................

Jika lari adalah latihan katabolic–memecah sel-sel tubuh sehingga meningkatkan hormon kortisol, latihan beban, di sisi lain, merupakan latihan anabolic–membangun sel-sel tubuh dan memicu pelepasan hormon “I feel good”, testosteron. 

Dari dua penelitian ilmiah terbaru, latihan beban ternyata memberi sumbangan bagi kesehatan mental yang cukup penting. Yang pertama dipublikasikan tahun 2017 dalam jurnal Sports Medicine. Kajian itu menemukan bahwa latihan angkat berat mengurangi gejala-gejala kecemasan. Yang kedua adalah sebuah publikasi dari  JAMA Psychiatry yang terbit bulan Mei  2018. Kajian itu mengatakan bahwa latihan angkat berat dapat membantu meringankan dan bahkan mencegah depresi. Kedua kajian tersebut sangatlah penting karena merupakan meta analisis (kajian menyeluruh dari banyak percobaan). Dengan kata lain, kajian tersebut itu bukanlah hasil temuan satu kali. 

Walaupun keduanya tidak menunjukkan mekanisme yang jelas di bagian mana latihan angkat berat memperbaiki kondisi pikiran, Lindsey Brooke Hopkins, psikolog di Oakland, California, yang memelajari dampak berolahraga untuk kesehatan mental, mengatakan bahwa sepertinya karena terjadi kombinasi perubahan baik dalam biologis dan psikologis. Sebagai tambahan, katanya, latihan beban membantu Anda memahami “ketidakanyamanan fisik dan emosi” yang mengharuskan Anda mendorong dengan kuat.

Kory Stotesbery, seorang psikiatris di San Francisco, California, menemukan beberapa pola  kemajuan. “Yang terjadi secara konsisten adalah seseorang yang berada dalam kondisi depresi berpikir Saya tidak bisa dan lalu saya melihat tanda-tanda Saya bisa. Depresi adalah kehilangan harapan dan kecemasan adalah kehilangan kepercayaan diri.” Hal itulah yang membuat latihan angkat berat menjadi sangat tepat guna. 

Meskipun dampak latihan beban pada kesehatan mental sangat menggembirakan, latihan itu sendiri tidak dapat menggantikan pengobatan, terutama dalam kasus depresi yang parah. Yang dapat dibuktikan dari latihan angkat berat adalah, berlatih dua kali seminggu dapat meringankan beban hati dan pikiran, dan saat sudah benar-benar sembuh, mencegah kambuh.