PrimaFit
Fakta di Balik Osteoarthritis
Fakta di Balik Gangguan Nyeri Osteoarthritis


Setelah dipakai beberapa dekade, seluruh persendian kita akan mengalami penurunan. Penyakit persendian paling umum adalah osteoarthritis (OA).

.................................

Inilah beberapa fakta OA:

  1. OA merupakan penyebab utama ketidakmampuan fisik di Amerika Serikat.
  2. OA terjadi karena penipisan tulang rawan, jaringan lunak yang menutupi dan menjadi bantalan bagi ujung tulang-tulang yang membentuk persendian.
  3. OA biasanya menyerang pinggang, lutut, punggung bawah, tangan, dan leher.
  4. OA menyebabkan peradangan, nyeri, kaku, dan menurunkan fungsi sendi yang terkena.
  5. Penyebab utama OA termasuk cidera persendian sebelumnya, keturunan, penuaan, dan kelebihan berat badan.

Menghilangkan berat badan berlebih akan menurunkan beban persendian. Semakin banyak kelebihan berat badan, semakin cepat OA terjadi.

Memperkuat otot-otot sekitar persendian dapat membantu memperlambat progres OA dan mengurangi kerusakan tulang rawan. Contoh: Latihan kekuatan tingkat sedang untuk otot paha (quadriceps) dapat mengurangi nyeri OA pada lutut.

Terapi fisik dan dan teknik-teknik perenggangan sangat dapat meredam efek OA dan meningkatkan mobilitas.

Duduk dalam waktu lama dapat mengencangkan otot dan membuat kaku sendi. Jika Anda menderita OA, jangan hindari olahraga. Aktivitas fisik rutin adalah kunci penting agar fungsi sendi anda tetap berfungsi dengan baik.

Saat latihan dan olahraga, hindari cidera sedapat mungkin atau penggunaan otot berlebih di sekitar persendian; pakailah sepatu khusus saat latihan atau olahraga; secara bertahap tambahi waktu dan intensitas latihan Anda; dan variasikan latihan Anda.

Anda mungkin tidak dapat mencegah nyeri dan efek OA secara bersamaan, tapi Anda dapat mengurangi efeknya dengan memertahankan kebugaran. Jika Anda memiliki nyeri OA terus menerus, periksakan ke dokter.