PrimaFit
Manfaat Jogging Secara Teratur
Manfaat Jogging Secara Teratur


Pepatah Yunani kuno mengatakan, “Jika kita ingin kuat, berlarilah. Jika kita ingin cantik, berlarilah. Jika kita ingin pintar, berlarilah.” Pepatah tua ini benar. Jogging atau lari secara rutin akan memberikan manfaat baik bagi tubuh kita.

.................................

Lari atau jogging secara teratur akan membawa perubahan yang positif pada tubuh kita. Selain gratis, lari atau jogging adalah cara paling mudah dan efektif, karena dapat kita lakukan di mana saja.

Berikut beberapa manfaat lari atau jogging secara rutin bagi kita:

  • Lari atau jogging secara rutin akan menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Jantung pun akan semakin kuat.
  • Kapasitas otot untuk menyerap oksigen akan meningkat. Jantung yang terlatih akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat. Semua jaringan dan organ dalam tubuh kita akan menerima lebih banyak darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi.
  • Lari atau jogging membantu menyingkirkan stres. Untuk melepaskan stres dari tubuh, kita harus berkeringat. Di sinilah pentingnya berlari bagi tubuh kita.
  • Ketika kita berolahraga, tubuh kita melepaskan hormon endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, kita akan mengalami sedikit perasaan euforia dan perasaan depresi pun menghilang.
  • Aktivitas otak akan meningkat juga. Saat kita sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Itu terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif.
  • Lari atau jogging secara rutin membuat daya tahan tubuh meningkat karena sel-sel darah merah dan hemoglobin yang bertambah dalam tubuh. Lari juga akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar, dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan yang tentu saja akan berkurang.
  • Sebuah penelitian menemukan bahwa berlari atau jogging secara rutin akan meningkatkan regenerasi sel-sel dalam hati.
  • Membiasakan diri berlari dengan rutin akan memberikan efek positif bagi tulang dan sendi-sendi dalam tubuh. Hal ini juga baik bagi orang yang berusia lanjut karena mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthritis.