PrimaFit
Tim-Hockey-UNJ-Juara-Bersama-Polar-1
Tim Hockey UNJ Juara Bersama Polar


Keunggulan teknologi Polar dalam menyajikan data latihan yang akurat telah sangat mentransformasi Indoor Hockey Team dari UNJ menjadi jauh lebih baik. Berikut petikan hasil wawancara PrimaFit dengan para pelatih dan atlet Hockey UNJ.

.................................

Hartman Nugraha – Male Team Coach (Pelatda DKI Jakarta)
“Peranan teknologi sangat memengaruhi performa atlet. Pada olahraga moderen hal itu menjadi sebuah tuntutan. Hal itu saya sadari sebagai pelatih. Dalam skala internasional, peranan analisis dalam melihat kemampuan masing-masing atlet sangat penting dan teknologi dapat membantu.

Saya sudah mulai menggunakan Polar A360 untuk tim putra sejak akhir tahun 2018. Dengan Polar, saya dapat memastikan bahwa setiap hasil latihan para atlet sesuai dengan harapan saya.

Polar memberikan data akurat performa semua atlet. Melalui grafik-grafik yang ada, Polar membantu saya dalam menentukan kapan saya harus memberi para atlet jam istrirahat dan kapan harus memotivasi mereka untuk lebih giat.


Tim-Hockey-UNJ-Juara-Bersama-Polar-3
Tim Putra Hockey Universitas Negeri Jakarta

Darul Kutni – Male Team Captain
“Polar A360 sangat membantu untuk mencapai target program latihan. Selain itu, kualitas istirahat saya juga terpantau dengan baik. Intinya, pola hidup saya berubah jadi lebih baik.”


Bahkan, dari denyut nadi basal yang ditampilkan dan performa saat latihan, saya dapat mengetahui apa yang para atlet lakukan di malam sebelumnya. Misalnya, mereka kurang istirahat. Sehingga, saya tidak memberikan latihan terlalu keras kepada mereka untuk menghindari cidera.

Keuntungan lainnya, dengan semua data yang ada, saya dapat mempersiapkan dan mengantisipasi latihan ke depan untuk meningkatkan performa mereka.

Semua data hasil latihan saya berikan kepada para atlet agar mereka juga tahu proses latihan mereka secara menyeluruh.

Dalam pertandingan, keberadaan Polar juga sangat membantu saya dalam mengambil keputusan untuk melakukan rotasi pemain. Aplikasi Polar Team di iPad memberikan saya informasi mengenai tingkat kelelahan atlet, sehingga saya dapat cepat merespons untuk melakukan rotasi. Suatu kali salah satu pelatih dari tim lawan terheran-heran mengatakan kepada saya karena dia melihat para pemain dari tim kami tenaganya tidak habis-habis. Hal itu sangat mengintimidasi lawan.”


Dadan M. Ramdani – Female Team Coach (Pelatda DKI Jakarta)
“Perubahan terbesar dalam tim putri setelah menggunakan aplikasi Polar adalah melalui denyut nadi mereka, saya mengetahui kapan mereka mesti istirahat dan kapan saya dapat mendorong mereka untuk latihan lebih keras.

Sebelum ada Polar hal itu tidak memungkinkan, karena saya hanya dapat mengira-ngira saja.

Masalah umum yang saya hadapi dengan tim putri adalah ketika mereka memiliki masalah. Biasanya mereka mudah stres, dan akibatnya latihan mereka terganggu. Namun, saya bersyukur sejak ada Polar dengan segala data yang dapat dipaparkan, tim putri kini dapat lebih teratur dan disiplin. Mereka jadi lebih mawas diri akan dampak negatif jika mereka stres berkepanjangan, karena semua terlihat jelas dari data hasil latihan mereka.


Tim-Hockey-UNJ-Juara-Bersama-Polar-2
Tim Putri Hockey Universitas Negeri Jakarta

Putri Rahmatwati – Female Team Member
“Sejak memakai Polar A370, kebiasaan tidur tidak teratur teratasi.Ditambah, para pelatih dapat ikut memonitor, mau tidak mau kami menjadi lebih disiplin mengatur pola hidup, tidur dan makan.


Untuk target enam bulan ke depan, dengan adanya teknologi Polar, harapan saya kami dapat memenangkan beberapa pertandingan seperti pra Pon untuk Kejurnas dan Papua pada tahun 2020 pada bulan Agustus, juga POMNas di bulan September mendatang.

Saya juga berharap pengurus pusat dapat melirik kelebihan dari teknologi Polar ini, sehingga dalam digunakan dalam skala nasional.”